Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar Makalah - Pada kesempatan ini admin Contoh Kata Pengantar akan berbagi informasi mengenai Kata Pengantar Makalah, di sini admin akan memberikan penjelasan tentag Kata Pengantar Makalah disertai Contoh Kata Pengantar Makalah.

Kata pengantar merupakan bagian penting yang tak bisa terlewatkan dari sebuah makalah. Karena makalah akan dirasa memiliki kualitas baik dan lengkap bila disertai dengan ucapan kata pengantar didalamnya dari penulis yang telah membuat makalah tersebut. Sesuai dengan namanya, kata pengantar adalah ucapan rasa syukur dan terima kasih serta sambutan dari penulis terhadap karya tulis yang telah dibuatnya. Umumnya terdapat kalimat pengharapan dan juga penjelasan terkait tema dan isi makalah yang dibuat. Dalam sebuah karya tulisan berbentuk buku, entah itu buku biografi, novel, buku pelajaran sekolah, biasanya selalu terkandung kata pengantar di dalam buku tersebut.

Kata Pengantar Makalah

Kata Pengantar Makalah

Selain itu ada juga bagian buku atau makalah yang tidak kalah penting seperti daftar isi, daftar pustaka, biografi penulis, dan lain-lain yang secara tidak langsung menambah tingkat profesionalitas karya tulis tersebut. Meskipun sebagian besar pembaca jarang membaca bagian yang satu ini, namun kata pengantar tetaplah penting untuk menunjang profesionalitas dan kredibilitas makalah yang telah diselesaikan. Selain itu, adanya kata pengantar juga mewujudkan rasa hormat seorang penulis terhadap pembacanya. Dalam merangkai kalimat pengantar tentunya harus menggunakan bahasa baku dan kalimat yang efektif serta mudah dimengerti oleh pembaca.

Seseorang yang mahir merangkai sebuah kata kata biasaya dia sering membaca ataupun seseorang yang sering menyusun kata di dalam pikirannya sehingga sudah terbiasa dalam membuat skripsi, makalah, atau berbagai macam karya tulis lainnya dan tidak mengalami kesulitan yang berarti. Meskipun Anda sudah mengenal dan sering membaca pengantar isi makalah, namun pastinya banyak diantara Anda yang belum memahami secara detail bagaimana membuatnya secara benar sesuai dengan kaidah.

Contoh Kata Pengantar Makalah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Pemanfaatan Plastik Sebagai Barang Berguna ini dengan baik meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami berterima kasih pada Bapak Ir. Mahmud Takahashi selaku Dosen mata kuliah Teknik Lingkungan Hidup IPB yang telah memberikan tugas ini kepada kami.

Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai dampak yang ditimbulkan dari sampah, dan juga bagaimana membuat sampah menjadi barang yang berguna. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sekiranya laporan yang telah disusun ini dapat berguna bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.

Bandung, April 2016




Penyusun
Bagikan ke :
Facebook Twitter Google+